Rabu, 21 Desember 2011

tutorial membuat hp nokia menjadi modem bluetooth


Cara membuat hp nokia kita menjadi modem bluetooth
    Jaman sekarang internet sudah mendarah daging bagi seluruh kalangan masyarakat baik tua maupun muda, kalangan menengah keatas sampai menengah ke bawah merasa membutuhkan sekali internet, baik dari keperluan browsing chat dll.
    Lha masalahnya bila kita pengen bisa internetan pakek komputer tapi hanya punya komputer dan hp nokia yang punya fitur internet (NB: Internet pada hp harus sudah aktif) ya gak masalah dah! Kan ada Nokia PC Suite, program milik nokia ini dapat membuat hp agan-agan ini bisa digunakan sebagai modem, kali ini saya makek hp nokia 5130 xpress music, koneksinya ke notebook saya (hp 110 yang sudah tersedia bluetooth) yakni bluetooth karena saya Waktu beli nih hp gak tersedia ama kabel data lumayan lah selagi nunggu punya cukup uang untuk beli modem yang sebenarnya.
    Langsung aja to the point pertama yang kita butuhkan adalah program software nokia pc suite yang terdapat pada situs resmi Nokia. lha kalo udah di download tinggal di install dan jika telah selesai jalankan program Nokia PC Suite tadi dan tampilannya akan seperti ini. Kalau sudah terdapat gambar seperti ini maka yang harus anda lakukan selanjutnya adalah menyambungkan hp anda dengan komputer anda, terdapat 3 cara menyambungkan komputer anda dengan hp anda yakni dengan bluetooth, kabel data, dan inframerah. Yang akan saya berikan tutorialnya hanyalah koneksi dengan bluetooth dan langkah mengkoneksikannya yakni mengklik tuisan "klik disini untuk menyambungkan telepon" lalu anda aktifkan bluetooth dari ponsel dan juga komputer anda, bagi yang tidak tersedia bluetooth di komputer anda dapat beli di toko peralatan komputer yahh harganya bervariasi mulai 15 ribu sampai lebih. Setelah itu pilih koneksi sehingga nampak seperti gambar di bawah ini.

Setelah itu klik icon selanjutnya maka pc suite akan mencari bluetooth dari hp agan, jika sudah ketemu silahkan klik perangkat hp agan dan lanjutkan dengan klik ikon selanjutnya, dan pada langkah ini anda diberi informasi bahwa anda akan tersambung melalui bluetooth

 

 

 




    Lahh kalau udah connect tampilan ponsel yang tadinya gak tau tipe hp nya sekarang berubah bentuknya menjadi sesuai dengan ponsel agan, berhubung hp saya nokia 5130 maka tampilan pc suite saya jadi seperti ini.

 

 
 
 

 
    Lalu langkah selanjutnya kita akan mengatur komputer kita agar dapat tersambung dengan benar dan dapat di connect ke internet dan langkah yang harus kita lakukan yakni:



  1. Buka control panel dan masuk ke hardware and sound

 

 

 

 

 

 
2. setelah itu klik defices and printers

3. Setelah seluruh perangkat telefon dan perangkat lainnya sudah terlihat maka klik kanan ponselnya dan pilih opsi properties.




 


 

 
4. setelah masuk properties, klik pada tab services. silahkan agan centang semua opsi yang tersedia, ini bertujuan agar modem dan perangkat ponsel agan dapat berfungsi dengan baik, setelah itu klik apply kemudian ok. Setelah itu keluarlah dari control panel dan masuk kembali di nokia pc suite.

 

 

 

 



5. setelah masuk ke pc suite klik ikon hubungkan pc dengan internet.

 

 

 




 

 

 
Langkah Selanjutnya Dapat Ditempuh dengan 2 Langkah
Langkah yang saya maksud adalah langkah pemilihan profider (operator hp)internet kita 2 langkah tersebut ialah:
  • Langkah otomatis: mencari daftar operatornya melalui data yang tersedia dan telah terdaftar di nokia pc suite
  • Langkah manual: memasukkan data-data operator yang dapat mengkoneksikan kita ke internet, cara yang ini sedikit ribet tapi sedikit sama dengan melakukan setting manual gprs operator kita.
6. (Otomatis) apabila anda memilih operator yang telah tersedia maka anda akan terhubung secara otomatis

 

 

 

 





 

6. (Manual) Cara ini dapat anda gunakan ketika operator anda tidak terdaftar pada pilihan operator. Pada langkah ini anda harus mengklik ikon kunci (pengaturan) dan langkah pertama anda disuruh memilih modem yang akan anda gunakan.

 

 

 




setelah itu anda dimintai untuk memasukkan titik akses (acses point), nama pengguna (user name), kode sandi (password), dan perintah inisialisasi tambahan (IP). Tenang saja ke 4 pengaturan tersebut akan saya berikan sesuai dengan operator yang agan punya tapi di ujung postingan ini. Lah kalau sudah selesai klik tanda centang dan pc suite akan memperingatkan anda mungkin saja pengaturan anda salah tapi lanjut aja!

 

 

 

 

 

 
7. langkah terakhir yang anda lakukan yaitu menunggu connect ke internet dan jika pengaturan anda sesuai maaka komputer anda siap berinternet, lumayan lah walaupun nggak bisa ngebut kayak modem yang benar-benar modem yang penting dapat buat mbukak halaman internet tapi kalo buat youtube? Anda bisa bayangkan sendiri.

 

 

 

 

 

 
Sesuai janju saya di atas saya akan memberikan pengaturan sesuai dengan operator yang anda gunakan.
MENTARI
Titik akses            : www.satelindogprs.com
Nama pengguna    :indosat
Kode sandi           :indosat
perintah inisialisasi tambahan:10.19.19.19
IM3
Titik akses            : www.indosat-m3.net
Nama pengguna    :gprs
Kode sandi           :im3
perintah inisialisasi tambahan:010.019.019.019
XL
Titik akses            : www.xlgprs.net
Nama pengguna    :xlgprs
Kode sandi           :proxl
perintah inisialisasi tambahan:202.152.240.50


sekian tips dan tutorial yang dapat saya berikan kepada anda semoga bermanfat dan ingat jangan asal copas

2 komentar: